Resep

05 September 2012

Tantangan ayah dan mimi mendidik di era generasi Z

Alhamdulillah hari sabtu kemarin (1/9) ayah dan mimi berkesempatan ikut seminar parenting nya bu elly risman di JDC slipi yang diadakan sama supermoms community.

Udah daftar dari jauh-jauh hari sama mommy athia yg sholeha itu biar masih  dapet harga murce earlybird dapat seat untuk ayah dan mimi. udah dari jauh hari juga mimi ingetin hari sabtu itu biar gak ada acara apa-apa.

Sabtu pagi kita udah jalan ke tebet untuk nge-drop hana, trus lanjut ke JDC. Sampai lokasi, daftar ulang dan langsung disuguhi buffet snacks bareng @babyrotary yang udah dateng duluan kita sarapan deh. Baru abis 1 piring *what?* udah disuruh masuk ruangan :P oh ya ndah, mau kasih masukan coba ya utk seminar selanjutnya dikasih warning di pintu masuk kalo orang yang lemah jantung dan hamil guede untuk siap-siap kontraksi di dalam ruang seminar. 


Selama seminar mimi cuma bisa ngembeng nahan air mata yg tumpah sama megangin perut yang kenceng muluk mendengarkan dan melihat fakta2 yang ada ttg yang sudah terjadi dengan sebagian dari 88 juta anak Indonesia saat ini.

kalau sampai saat ini mimi suka misuh-misuh kalau terima sms/bbm dari ponakan atau customer mimihana dengan bahasa 4l4y sekarang merasa perlu tetap keep in touch sama mereka dan belajar bahasa alay pas bu elly kasih slide di bawah ini. ngacung buat yang bisa baca??



Nggak bisa?? oke sekarang dipermudah ya....bacanya itu caranya layar hp nya dibalik sehingga terbaca seperti ini.....udah bisa dibaca kan?

 masih pusing ? oke, sini diterjemahin ya :
" my luppi
thanks ya udah mo nyoba, bener khan sakitnya cuman sebentar
besok k ke rumahnu kita coba lagi ya"
ku beliin pengamannya
mau rasa apa?"

oke deh adik manis........yang rasa neraka ada gakk??? grrrrr....... 

dan slide-slide lainnya pun di presentasikan oleh bu elly dan tim. slide-slide yang bikin perut mimi kenceng-kenceng.....slide2 yang bikin mimi dan ayah sikut-sikutan.....slide yang bikin mimi liat2an sama @indahkurniawaty sambil msg2 nahan tumpah airmata T_T

oh ya, kalau kita masih tenang-tenang juga menganggap ahh.....itu kan nanti aja lah kalo anaknya udah es em pe baru kita ketat awasin.....haloooo......parents.....sekarang udah ada kasus perkosaan yang pelaku dan korban adalah anak TK lho.... *kekep hana* T_T

Itu baru satu kasus sih....dan sesuai survey yang dilakukan yayasan kita dna buah hati milik bu elly, apa sih pertanyaan dari anak-anak kelas 4, 5 dan 6 SD tentang sex? ini dia jawabannya :  


Wait, jangan dianggap pertanyaan ini datang dari anak-anak SD sekolah pinggiran/ kampung yang ibu-bapaknya biasa ngomong sembarangan ya...ini termasuk pertanyaan dari anak-anak yang sekolahnya di sekolah yang bayarnya pake sekian ribu dollar lhooo......

untuk review materi lebih lengkapnya sudah ditulis dengan manis oleh mommy @indahkurniawaty disini

Ngerasa beruntung juga karena ayah ikutan seminar, karena bu elly sempat menyinggung tentang peran ayah dalam parenting. berdasarkan tesis dari UI, berikut akibat kurangnya peran ayah. tapi alhamdulillah si ayah selama ini ternyata sudah melakukan perannya seperti memuji hana tiap pulang kantor....."eh...si cantik anak ayah kok blm bobo' sih?" padahal selama ini mimi suka mikir, ih ayah lebay deh.....ternyata saya salah :( 

apalagi nanti kalu si adik bayi yang diprediksi adalah cah lanang, musti lebih banyak bergaul sama ayah nih dibanding sama mimi *horeeee* :P jangan sampai kita para ibu2 jadikan si cah lanang tmp curhat sehari-hari, sampai disuruh antar kita ke salon dan ikutan perawatan daripada dia bete nunggu....hadeuh....itu namanya menanam benih transgender ke anak kita dan nantinya jangan kaget saat waktunya panen yah!

Kewajiban ayah jaman sekarang bukan cuma pergi kerja blm ketemu matahari dan pulang pas anak apalagi istri *ngaca* udah pules dan merasa sangat berjasa karena sudah pontang panting cari nafkah....

kewajiban ayah sama dg ibu dalam perannya mengasuh anak. pengenalan masing-masing anak laki/ perempuan ke dunia laki-laki/ perempuan boleh saja, tapi jangan sampai saat anak merasa tertarik ke dunia lawan jenisnya kita iyakan saja. 





 


 si ayah nyatet loh selama seminar hihihihi



Menjadi orangtua adalah pekerjaan yang tidak kenal kata cuti, hari libur, maupun resign....jadi berikut kira-kira 8 hal yang bisa kita lakukan sebagai bekal menghadapi tantangan jadi ortu di era digital ini




Keluar dari ruang seminar sudah tanpa airmata lagi, karena bu elly sempat kasih pesan ke bapak-bapak yang hadir tentang kami perempuan :D betapa bapak-bapak harus sabar kalau kami perempuan berbicara sambil berpikir berbeda dg lelaki yg berpikir dulu baru bicara hahaha....jadi wajar aja kalau mimi sedikit cerewet ya yah...hihihihi...thanks bu elly buat pesan sponsor tsb LOL!!

karena sudah dinetralisir itu, boleh dong kami foto bareng sambil tersenyum, berharap dengan sejuta doa semoga kami bisa menjadi orangtua yang tangguh dan 'mengenal' siapa diri kami dan siapa anak kami....karena kalau tak kenal, bagaimana kita mau sayang dan mendidik mereka kan :) 

 genk racun ki-ka : mimi, @babyrotary, @indahkurniawaty, @merylbestari, seleblog @darinadanil

  

3 comments:

Anonymous said...

Dari awal suami dan saya sepakat lebih baik dikatakan "kampungan & kere" karena tidak membelikan gadget ke anak daripada anak lebih cepat ketagihan game dan internet, padahal ia belum bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

IndKur said...

Firaaah,
Bagus kok ulasannya.
Selain mengungkap sisi materi, loe juga mengungkap sisi emosi loe sebagai ortu.
Sampe mengungkap betapa pentingnya para suami (baik ayah maupun calon ayah) untuk ikut seminar ini.
Boleh minta ijin link blog nya gak ?

Mimihana said...

@mba yudith,
suamiku udah pengen beliin tablet buat dukung toko online padahal mba, ya cuma itu tadi takut aja malah diapke hana...orang gak punya aja hana tau yang namanya ipad, pdhl gak pernah megang. gak tau tuh tau darimana...yang ada dia kalo lg pura2 main ipad padahal lg megang frame foto dg gaya tangan sambil geser2 hahaha...LOL


@mba indah yg sholeha
monggo, silahkan loh mba...terima kasih juga sudah berkenan mampir di blog saya yang sederhana ini *mesem2*