Resep

08 April 2011

Serangan Varicella

Ini cerita ke skip sama cerita-cerita sebelumnya. jadi kelanjutan dari terinfeksinya mama oleh virus herpes zooster, hana sempet panas selama 2 hari....sekitar 37,8DC - 38,7DC karena hana udah mulai lemes kita bawa ke dr. sylvia.


Setelah diperiksa, dr sylvi mmg lihat ada perdangan di tenggorokan hana...hmmm...pantes deh GTM dan GMM :( sebenernya hana ketuleran mimi dan ayah yang beberapa hari sebelumnya demam, pilek dan mimi kena sinus.


tapi setelah kita cerita kalau mama lagi kena herpes....dr.sylvia lsg worried kalau hana akan mudah tertular jadi cacar air karena ternyata penularan bukan hanya kalau terkena cairan di erupsi herpes mama tapi bisa lewat udara....wakwawwww........ ya namanya juga kita serumah....mau ngungsi dulu ke jatibening juga belum memungkinkan. dsa hana itu bilang, "gpp lah kena sekarang daripada nanti udah besar..." yeaa rite....(dokter gak tau sih waktu itu kita lagi pusyiang tujuh keliling nyari pengasuh hana). mana lagi gw dan adik2 gw bahkan mas faat belum pernah kena cacar air :(


dokter sylvia sibuk menerangkan tentang tanda2 cacar air....tanda2 bintil kecil yang berair dan besar/erupsinya tidak sama. gatal dan harus diusahakan jangan sampai pecah dan jangan digaruk. lalu beliau memberi hana "sangu" resep obat dan salep acyclovir. Dokter sylvi bilang kalau udah muncul 1 atau 2 benjolan tolong langsung diminumkan dan dioleskan ya bu.....


kayaknya 3 atau 4 hari setelah dari dokter itu, mimi lihat ada benjolan di bahu hana, ya benjolan kecil yang ber air atau dibilang erupsi cacar air. dan hana memang garuk2 bagian itu......langsung deh mimi minumkan dan oleskan acyclovir.


besok-besoknya lebih banyak bintil2 merah yang keluar, tapi gak sampai erupsi dan terisi air. jadi seperti bentol2 kecil.....maaf ya larangan utk menggaruk gak bisa diberlakukan ke hana yang memang kaya punya psikis kalau dia selalu gatal-gatal (apalagi setelah disapih, makin rajin bikin tangan mimi pengkor2 karena musti garuk-garuk di badan dia). hana tetap mandi seperti biasa dengan air mandi yang ditambahkan dettol. hoax deh yang bilang cacar air itu gak boleh mandi, tambah jorok penyakit lain bisa mampir duong.....syaratnya memang jangan sampai si bintil air itu pecah.




kira2 selama seminggu hana keluar bentol-bentol merah gitu, tapi Alhamdulillah rasa gatalnya gak sampai mengganggu aktifitas hana. kira2 di akhir minggu kemarin atau hampir 2 minggu setelah muncul bintil cacar pertama yang keluar, bintil2 merah yang lainnya mulai mengering/menghitam di bagian tengahnya. ya mungkin itu masa penyembuhan dan bikin nular......dan hana pun menyerahkan "piala cacar bergilir" pada ummi aby (feby adik mimi).


Kasiannnnnnnnnnnnnnnn banget deh ummi aby di umurnya yang ke 25 ini baru kena cacar :( gak bisa masuk kerja, gak bisa liputan ketemu arteis-arteis (ummi aby reporter majalah an*ka Y*ss) apalagi event yang ditunggu minggu kemarin adalah KETEMU DAN INTERVIEW SHEILA ON 7 (she's a big fan of them and mimi also) akhirnya teman ummi aby "nyuruh" SO7 utk nyapa dan kasih pesan2 buat feby yg lagi kena cacar air lewat rekaman video. yang ada ummi aby misuh2 dan mewek di rumah sambil nonton video nya.....hiks....


Ya Alhamdulillah ummi aby sudah mulai sembuh.....tapi semoga "piala cacar bergilir" gak mampir ke mimi dan ayah.....bisa2 garuk2an berdua kaya olila and onet.


No comments: