Resep

24 September 2010

Eyang Muhadi

Sekarang mimi mau cerita tentang salah satu keluarga dari pihak ayah nya hana, namanya eyang muhadi. kemarin sampai rumah pulang dari kantor ada box nasi besar banget isinya : nasi kuning lengkapppppp....hmmm.....yummyyy....

memang tadi ayah bilang kalau dia mampir ke pedati, rumah sepupu almarhumah ibu mertua mimi yaitu bu tanti. nah eyang muhadi ini adalah ibu dari bu tanti, yang mana berarti adalah tante dari almarhumah ibu mertuaku.


eyang dan hana

usia eyang sekarang kayaknya 86 tahun deh, walau umurnya udah sepuh banget tapi beliau ini masih kuat ngapa2in alias gak bisa diem. eyang ini suka jahit bikin sprei, sarung bantal-guling, taplak meja, suka masak2. eyang sekarang tinggal dengan adik bu tanti yaitu om yanto di permata hijau, kalau kami lg berkunjung kesana...aduh...eyang sibuk mondar-mandir dapur - ruang makan - ruang tamu utk bikin suguhan buat kita. pendengaran eyang agak kurang, jadi kalau mau cerita apa2 harus agak dekat di telinga eyang.

surat pengantar nasi kuning


eyang suka cerita, walau mimi suka gak ngerti karena pakai bahasa jawa halus :) , suka menyanyi.....pernah lho di depan kami + mama dan papa eyang nyanyi lagu ciptaannya...lagu puji2an....wah pokoknya semangat banget deh... :)


eyang adalah penganut katholik yang sangat taat, nasi kuning yang mimi ceritakan di awal adalah dalam rangka syukuran ulang tahun baptis eyang yang ke-36. eyang dulunya juga seorang muslimah. walau kami beda keyakinan, tapi eyang sayang banget sama kami dan hana. waktu mimi mau nikah sama ayah saja, eyang menghadiahkan mimi sebuah bros emas motif makassar, juga membelikan brokat dan kain kebaya lengkap dg tas pesta nya tanpa sepengetahuan ayah dan mimi.

selain sama kami, eyang juga sayang banget sama mertua si ayah.....alias mama dan papa dari mimi. terakhir beliau datang ke rumah untuk bertemu dengan mama dan papa, padahal hari sebelumnya kami bertiga sowan ke permata hijau, tp krn eyang tahu kami sedang berlebaran, jadi eyang mau lsg datang silaturahmi ke tebet.


ahh...eyang...kami juga sayang banget sama eyang, mimi udah lama gak punya nenek, ayah apalagi, sudah tidak punya ibu sejak SMP. jadi rasanya kehadiran eyang itu menyejukkan kami.


doa kami untuk eyang semoga beliau selalu diberi kesehatan, umur yang berkah, semakin didekatkan dengan hidayah Allah Swt, dan menjadi khusnul khotimah di akhir usia nya kelak. amin ya rabbal alamin....

No comments: